Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kumpulan Gambar-Gambar Modifikasi Motor Mobil Terbaru 2017. Tips Trick, Video, Foto, Harga, Aksesoris, Wallpaper Modifikasi Motor dan Mobil.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak DinginKebanyakan pemilik kendaraan pribadi roda empat memiliki AC. Hal ini memang sangat banyak kegunaannya di samping berfungsi sebagai pendingin di ruangan Mobil anda. Ruangan begitu dingin nyaman untuk anda dan keluarga atau pasangan anda. Nah tapi bagaimana bila tiba AC mobil kurang dingin, apa ya kira-kira Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin. Nah posting saya kali ini saya akan membahas tentang Penyebab AC Mobil Tidak Dingan.
Biasanya dingin idealnya AC mobil itu sebaiknya mencapai suhu antara 5-8 Derajat Celcius jika di ukur menggunakan Termometer khusus AC mobil. Nah Jika AC Mobil kurang dingin / tidak dingin pasti ada faktor yang menyebabkan masalah teknis ini. Berikut ini saya jabarkan beberapa faktor yang wajib anda perhatikan :
  1. Freon Habis/Kurang. Hal ini terjadi karena terjadi kebocoran pada salah satu sistem freon AC Mobil anda, dikarena sirkulasi pada freon tidak merata. Apabila tidak terjadi kebocoran pada maka freon pada AC Mobil yang bersirkulasi tidak akan pernah habis.
  2. Radiator Mobil Atau Kondensornya Kotor. Jika pada permukaan radiator atau kondensor kotor akan berakibat pembuangan panas dari gas freaon bertekanan tinggi pada kondensor, tidak akan sempurna, sehingga proses konensasi juga tidak akan berjalan secara makisimal.
  3. Motor Cooling Fan Sudah Mati, Lemah Atau Sudah Meleleh.Cooling Fan memang diperlukan untuk membantu mendinginkan, tapi jika fungsinya terganggu, putarannnya lemah atau mati total pastinya akan menyebabkan panas yang berlebih pada kondensor jika Cooling Fan tidak berjalan.
  4. Magnetic Clucth Sudah Rusak/Terbakar. Apabila Spuel pada Magnectic Clucth sudah terbakar atau mati hal ini menyebabkan armature asembly tidak akan terhubung dengan puli Kompressor AC yang berputar dengan Mesin.
  5. Tekanan Freon Sudah Berlebih atau Over Heat.Jika tekanan pada sistem AC berlebihan akan mengakibatkan Kondensor menjadi berlebih atau Over Heat sehingga akan  membuat Kompressor menjadi panas yang berlebih secara otomatis membuat kinerja AC akan menurun dengan sendirinya.
  6. Oli Yang Berlebih Pada Kompressor. Sistem pada AC harus memiliki volume yang tetap. jadi jika oli pada kompressor berlebih maka ruang untuk freon akan berkurang yang artinya jika sebuah mobil dengan kondisi oli kebanyakan atau kepenuhan dan langsung diisi dengan freon full akan menyebabkan sistem AC menjadi Over Heat.
  7.  Kompressor Sudah Aus / Jebol.Kompressor yang sudah aus biasanya ditandai dengan tekanan yang tidak normal, jika kompressor AC aus maka sigh glass terlihat menghitam. Dryer atau expansi valve akan tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan berbeda.
  8. Masalah pada Thermostart / Thermistor. Kegunaan dari Thermistor Cooler adalah sebagai peraba suhu di dalam rumah evaporator yang fungsinya untuk mengatur perubahan termperatur kemudian di teruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressornya.
  9. Evaporator Sudah Kotor. Apabila evaporator sudah terlalu kotor yang disebabkan oleh debu yang dihisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.
  10. Tersumbatnya Saluran Air Box Evap. Jika saluran pembuangan air kondensasi terbuang maka Box evap akan penuh dengan air, berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap yang akan mengakibatkan aliran udara dari blower akan terhambat.
Baca juga : Cara menghilangkan jamur di kaca mobil

Nah jika salah satu atau lebih dari poin diatas terjadi pada sistem AC mobil anda, akan mengakibatkan AC mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Demikianlah artikel saya tentang Penyebab AC Mobil Tidak Dingin. terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin